Ip Nuts Blog

Blog Ip Nuts Teknologi dan Informasi

Manfaat tape singkong untuk kesehatan sangat beragam, terlebih tape singkong adalah makanan tradisional khas Indonesia. Makanan tradisional ini biasa dijadikan sebagai camilan atau diolah menjadi berbagai macam makanan. Makanan tape singkong juga bisa meningkatkan imun yang ada di dalam tubuh.

Apa saja manfaat tape singkong untuk kesehatan?

Tape singkong adalah makanan tradisional yang sering sekali dijadikan sebagai oleh-oleh. Tape singkong mempunyai aroma yang sangat khas, karena terbuat dengan cara difermentasi. Tape berasal dari singkong yang diolah menjadi tape dan berubah menjadi singkong manis dengan warna putih.

Rasa tape yang enak bisa didapat dari singkong yang telah difermentasi dan telah matang. Sebelum melalui proses fermentasi, biasanya singkong dicuci bersih terlebih dahulu dan dikukus hingga matang.

Kolesterol

Manfaat tape singkong sangat beragam, salah satu manfaatnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Tape singkong melalui proses fermentasi, sehingga mempunyai bakteri baik dengan kandungan asam laktat di dalamnya. Asam laktat yang terdapat di dalam tape singkong mempunyai peran mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Perlu diketahui, bahwa kolesterol yang tinggi sering sekali menjadi pemicu serangan jantung dan stroke. Penderita kolesterol disarankan untuk mengkonsumsi tape singkong dengan jumlah yang tepat. Mengkonsumsi tape singkong dengan jumlah yang tepat bisa membuat tubuh terasa lebih sehat.

Membunuh Radikal Bebas

Manfaat tape singkong juga bisa anda rasakan apabila anda rajin menghitung di kalkulator BMI. Sebab, selain efektif untuk kolesterol, tape singkong juga bisa membunuh radikal bebas. Tape singkong mengandung asam laktat yang bisa mengontrol plasma kadar kolesterol dalam tubuh.

Itulah mengapa, asam laktat mempunyai manfaat lain yakni mencegah pembentukan sel. Pembentukan sel yang tercegah tersebut adalah penyebab kanker dan membunuh radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh bisa hilang karena ada antioksidan yang sangat tinggi dalam tape singkong.

Antiinflamasi dan Mengobati Jerawat

Nyatanya, tape singkong mempunyai segudang manfaat bagi tubuh salah satunya untuk kesehatan kulit. Tape singkong sangat bermanfaat sebagai anti inflamasi yang mempercepat proses penyembuhan luka. Juga mengatasi iritasi ringan yang terjadi kepada kulit yang anda miliki.

Selain itu, tape singkong juga bisa mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat. Jerawat bisa hilang di wajah ataupun badan, karena tape bisa membantu menetralkan racun yang menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran ataupun racun, tentu akan meningkatkan risiko kulit mengalami masalah seperti jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan tape adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi tape dalam jumlah yang berlebihan. Sebab, akan membuat perut anda menjadi panas.

Alternatif Pengganti Nasi

Tape singkong juga merupakan salah satu alternatif untuk menggantikan nasi, karena mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Tape singkong memberi efek yang sama dan tidak jauh berbeda ketika mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat.

Tentunya, tape singkong tidak boleh dikonsumsi sebanyak mengkonsumsi nasi. Sebab, memang diterapkan dalam kondisi tertentu dan porsinya tidak boleh berlebihan. Sebagai sumber karbohidrat yang paling terbaik, tape singkong sangat bermanfaat sebagai sumber energi yang potensial untuk tubuh.

Menghangatkan Tubuh

Tape singkong juga sangat efektif untuk menghangatkan tubuh yang anda miliki. Sebab, tape singkong mempunyai kadar alkohol yang sangat rendah. Walaupun rendah, namun membantu menghangatkan tubuh serta menstimulasi kulit agar jauh lebih hangat.

Oleh sebab itu, tape singkong sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang merasa lesu ataupun demam. Itulah mengapa, rasa hangat yang dirasakan oleh seseorang yang mengkonsumsi tape terasa di bagian dada serta perut, karena tape mengandung alkohol yang rendah.

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published.