Ip Nuts Blog

Blog Ip Nuts Teknologi dan Informasi

Banyak sekali komponen atau spare part AC, seperti halnya Kondensor dan evaporator. Banyak orang yang menganggap jika keduanya sama, padahal sebenarnya ada perbedaan tersendiri tergantung dari bahan yang digunakan. Nah, untuk mengetahui perbedaan dari kedua komponen tersebut, berikut penjelasannya.

Inilah 4 Perbedaan Alumunium dan Tembaga

Perlu diketahui jika kondensor dan evaporator ada yang menggunakan bahan pipa dari tembaga dan aluminium. Tentunya kedua bahan ini mempunyai perbedaan tersendiri yang penting untuk diketahui, terutama bagi pengguna AC. Nah, lebih jelasnya mengenai Apa saja perbedaan dari keduanya, berikut penjelasannya.

  1. Perpindahan Panas

Bahan pipa aluminium dan tembaga mempunyai perbedaan yang paling mencolok terletak pada kemampuannya untuk memindahkan panas. Terutama dari bahan tembaga yang yang mempunyai kemampuan menukar panas dengan sangat baik.

Bahkan, bahan ini juga sangat berguna menghemat daya listrik dan perawatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Sedangkan jika bahan aluminium yang digunakan proses untuk mendinginkan ruangan akan semakin lambat, karena kemampuan yang dimiliki kecil untuk memindahkan panas.

  1. Korosi

Perbedaan lain antara spare part AC Daikin Indonesia aluminium dan tembaga yaitu korosi yang dihasilkan. Perlu diketahui kondisi seperti ini dapat disebabkan karena bahan yang digunakan. Sedangkan korosi dapat menyebabkan gas pendingin bocor yang berdampak pada kinerjanya.

Jika menggunakan bahan tembaga, korosi masih dapat diperbaiki dengan mudah. Sebaliknya, jika menggunakan bahan aluminium maka korosi akan sulit untuk diperbaiki. Inilah kenapa penting untuk mempertimbangkan mana yang paling bagus dari kedua bahan tersebut.

  1. Kekuatan Koil

Perbedaan dari kedua spare part AC juga dapat diketahui dari kekuatan koil yang dimiliki. Dalam hal ini bahan tembaga mempunyai kekuatan lebih. Bahkan, jika bahan ini mengalami kerusakan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan juga lebih murah.

Sebaliknya, bahan aluminium kekuatan koil yang dimiliki cenderung lebih rendah. Bahkan, hal tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan sulit untuk diperbaiki. Sekalipun bisa, biaya yang dibutuhkan cukup besar. Inilah kenapa penting sekali untuk mempertimbangkan sebelum memilih bahannya.

  1. Pemeliharaan

Saat membeli spare part AC kondensor atau evaporator penting sekali untuk mempertimbangkan bahan apa yang digunakan. Hal yang disebabkan karena bahan tersebut juga sangat mempengaruhi pemeliharaannya. Bahkan, biaya yang dibutuhkan untuk pemeliharaan juga lebih besar.

Kondensor yang terbuat dari bahan aluminium sangatlah rendah kekuatannya. Jadi, untuk memastikan kekuatannya harus melakukan perawatan dengan tepat. Sedangkan bahan tembaga mempunyai keunggulan dari segi pemeliharaan lebih mudah.

Nah, mengetahui perbedaan antara kondensor dan evaporator alumunium atau tembaga sangatlah penting. Apalagi keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dan tentunya berpengaruh terhadap kinerjanya. Maka dari itu, akan lebih baik lagi jika anda mempertimbangkannya sesuai kebutuhan.

 

RELATED ARTICLES

Toyota Veloz Harga Terbaru 2022

Veloz – Veloz menjadi varian tertinggi pada Avanza, Toyota akhirnya memisahkan keduanya dengan mengusung nama Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Artinya, Grand New Avanza Veloz hadir dengan desain yang lebih sangar dan elegan serta mengusung mesin yang lebih besar dari Grand New Avanza.…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *