Ip Nuts Blog

Blog Ip Nuts Teknologi dan Informasi

Salah satu cara perawatan AC adalah melakukan servis secara rutin untuk menghindari adanya kerusakan atau kendala lain yang bisa menghambat efektivitas kerjanya. Kini Anda bisa melakukannya di Daikin Service Center karena telah dikenal memiliki pelayanan berkualitas dan kompeten.

Cara Mengetahui Waktu Tepat Servis AC

Daikin Indonesia sebagai salah satu merk AC besutan Jepang yang memang terkenal termasuk di tanah air sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Bagi Anda penggunanya, cobalah untuk lebih rutin melakukan pengecekan kapan sebaiknya AC tersebut dilakukan servis. Berikut ulasannya:

  1. Servis Rutin Tiap Tahun

Hal ini menjadi saran yang sudah umum disampaikan bagi pemilik AC jenis apapun baik inverter maupun non inverter. Servis dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya sekaligus pembersihan guna mengurangi penumpukan debu dan kotoran di dalam mesin.

Menurut ahli mesin pendingin dan pemanas termasuk AC< jika tidak ada tanda kerusakan pada komponen, maka sebaiknya lakukan pengecekan dan servis setiap satu tahun sekali. Hal ini bertujuan agar memaksimalkan fungsi kerja seperti biasanya.

  1. Saat Mesin Sudah Berbunyi

Salah satu tanda kerusakan yang umum dialami oleh orang-orang adalah pada saat mesin pada AC sudah berbunyi. Tentu saja kondisi ini menunjukkan jika ada masalah di dalam mesin sehingga harus segera dilakukan pengecekan bagi teknisi berpengalaman.

Bagi Anda yang sedang menghidupkan AC dan justru terdengar suara tidak biasa dari dalam mesin, maka kondisi ini menunjukkan jika komponen sedang bermasalah. Di samping itu, jika aliran udara sudah tak begitu dingin juga menjadi pertannda adanya gangguan pada komponen.

  1. Penggantian Filter Tiap Bulan

Khusus untuk penggantian filter perlu dilakukan selama satu bulan sekali. Perawatan dengan cara ini harus dilakukan paling sering karena menentukan kualitas udara yang dikeluarkan agar tetap bersih dan terbebas dari debu dan kotoran.

Selain filter, komponen lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah kondensor. Bagian ini memiliki fungsi membuang debu dan kotoran ketika sudah diserap oleh refrigerant lewat evaporator. Apabila dalam keadaan kotor, akan menghambat jalannya udara sehingga suhu ikut naik.

  1. Komponen Mengalami Kebocoran

Servis AC wajib untuk Anda lakukan apabila kerusakan pada komponen sudah terlihat jelas termasuk juga ketika mengalami kebocoran. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh debu kotoran berubah menjadi lendir sehingga menghambat aliran udara.

Selain itu, pembuangan air di dalam AC juga ikut terhambat dikarenakan kebocoran tersebut. Untuk itu, Anda harus segera melakukan pengecekan khususnya pada bagian indoor karena umumnya terjadi pada komponen ini.

Lakukan servis AC maksimal satu tahun sekali. Beberapa ahli menyarankan untuk lebih baik melakukannya tiga bulan satu kali secara rutin. Anda bisa servis AC di Daikin Service Center karena sudah terpercaya dan berkompeten memiliki teknisi berpengalaman.

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

Begini Cara Menghilangkan Paranoid

Begini Cara Menghilangkan Paranoid – Paranoid adalah sejenis gangguan jiwa aneh yang dialami seseorang. Dimana seseorang akan merasa ada orang lain yang membahayakan dirinya, hal tersebut sangat membuat penderita Paranoid sering merasa terganggu bahkan memunculkan rasa stress. Kecemasan adalah perasaan yang wajar karena setiap orang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.