Ip Nuts Blog

Blog Ip Nuts Teknologi dan Informasi

Selama ini Mungkin kita sudah sangat familiar dengan pengiriman paket di dalam negeri, cara-caranya pun gampang, anda hanya perlu datang ke kantor jasa pengiriman menyerahkan barang dan alamat, kemudian membayarkan sejumlah uang sesuai dengan jarak waktu dan juga berat paket yang dikirimkan.

 

Lalu yang menjadi pertanyaan kemudian adalah bagaimana jika paket yang ingin anda kirimkan atau anda terima berasal dari luar negeri. Apakah proses prosesnya sama seperti kita mengirimkan paket antar wilayah di dalam negeri ataukah berbeda?.

 

Nah dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang cara mengirim barang ke luar negeri dari Indonesia atau biasa kita sebut dengan ekspor barang.

Bagaimana Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri?

 

  1. Persiapan Paket

 

Sebelum mengirim paket Anda harus mempersiapkan hal-hal lain terlebih dahulu di antaranya seperti alamat pengirim dan juga dokumen-dokumen yang mungkin dibutuhkan ketika anda melakukan ekspor barang.

 

Selain itu pastikan juga barang yang dikirim adalah barang yang dibolehkan secara hukum dan beberapa jenis barang yang membutuhkan dokumen khusus ketika akan memasuki suatu wilayah atau negara Jadi anda harus mengecek Apakah barang tersebut membutuhkan dokumen-dokumen tambahan atau tidak.

 

  1. Pilih Jasa Ekspedisi

Setelah anda mengetahui kepada siapa barang akan dikirimkan dan juga melengkapi dokumen dokumen yang dibutuhkan, selanjutnya anda tinggal mencari ekspedisi-ekspedisi yang melayani pengiriman ke luar negeri.

 

Anda bisa mencari referensi jasa pengiriman luar negeri dari situs situs di internet ataupun sumber lainnya yang terpercaya dengan mengetikan kata seperti jasa impor korea, jasa import Jepang di mesin pencarian google.

 

  1. Berkonsultasi Dengan Pihak Jasa

Jika ada hal-hal yang masih belum dimengerti tentang cara pengiriman barang ke luar negeri anda bisa berkonsultasi dengan layanan costumer service yang mereka miliki, baik melalui chat ataupun mendatanginya secara langsung.

 

Konsultasi ini dilakukan, terutama apabila barang yang dikirim berjumlah besar. Ini dilakukan agar tidak terjadi sesuatu apapun yang nantinya bisa merugikan anda selama pengiriman.

 

Tanyakan apa dokumen yang harus dibuat, berapa lama waktu pengiriman dan apa garansi jika barang mengalami kendala selama pengiriman, selain itu juga anda bertanya tentang berapa harga pengiriman dan bagaimana hitungannya?.

 

Jika anda sudah puas dengan jawaban jawaban yang diberikan, anda bisa menggunakan jasa tersebut. Jika tidak anda bisa mencari jasa lain yang mungkin saja lebih baik pelayanannya.

 

  1. Mengirim Barang

Cara terakhir tentu saja adalah aktivitas mengirim barang. Untuk barang yang sifatnya kecil, sebetulnya banyak jasa pengiriman yang bisa digunakan, berbeda jika paket yang dikirimkan berupa barang dalam jumlah banyak.

 

Pada beberapa jasa pengiriman. Anda bisa menggunakan fitur layanan pick up barang. Jadinya nanti anda tidak perlu datang ke kantor pengiriman barang untuk pengantaran barang.

 

Semua sudah dihandle oleh pihak ekspedisi, mereka yang nanti akan datang ke rumah anda untuk menjemput paket anda. Dengan begitu anda tidak perlu repor repot untuk mengemas barang dan mengantarkannya ke kantor mereka.

 

Nah, itulah tadi artikel singkat tentang cara mengirim barang ke luar negeri, entah itu untuk mengirim barang ke negara negara di Asia, Eropa, Amerika ataupun Afrika.

Setiap jasa pengiriman luar negeri memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang harus anda cermati. Ini dilakukan agar anda tidak mengalami kerugian selama pengiriman.

 

Anda jangan terlalu berfokus pada harga murah pengiriman, namun juga bagaimana kualitas pelayanan yang mereka berikan dan juga apakah nanti mereka bisa membantu jika paket mengalami kendala selama perjalanan.

 

RELATED ARTICLES

Begini Cara Menghilangkan Paranoid

Begini Cara Menghilangkan Paranoid – Paranoid adalah sejenis gangguan jiwa aneh yang dialami seseorang. Dimana seseorang akan merasa ada orang lain yang membahayakan dirinya, hal tersebut sangat membuat penderita Paranoid sering merasa terganggu bahkan memunculkan rasa stress. Kecemasan adalah perasaan yang wajar karena setiap orang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.